Malang – Hama menjadi musuh utama dalam dunia pertanian. Hama merupakan hewan yang mengganggu bahkan dapat menimbulkam kerusakan pada tanaman di lahan. Akibat dari serangan hama ini bisa terjadi langsung karena hama bisa menyerang tanaman sejak masih benih, pembibitan, pemanenan hingga menyerang saat tanaman disimpan di Gudang. Serangan hama pada tanaman pada saat proses tanam dapat mengganggu proses pertumbuhan pada tanaman yang mengakibatkan tanaman bisa mati sebelum panen, buah yang busuk sebelum matang hingga menyebabkan gagal panen secara besar-besaran.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk membasmi serangan hama pada lahan. Pada umumnya, terdapat 2 cara untuk pembasmian hama yaitu secara kimiawi dan biologis. Cara kimiawi adalah dengan menyemprotkan obat sesuai jenis hama yang menyerang tanaman dan cara bilogis adalah dengan cara menyebarkan pemangsa alami/predator alami dari hama tersebut. Tetapi, ada ara tambahan yang dapat dilakukan untuk menambah keefektifan pengusiran hama khususnya hama serangga yang hidup di balik daun atau batang tanaman yaitu dengan penggunaan Mulsa Super Kilap.

Mulsa Super Kilap adalah mulsa produksi PT Kencana Tiara Gemilang yang merupakan perpaduan antara mulsa hitam perak yang ditambah plastik grenjeng pada lapisan atasnya. Penggunaan mulsa super kilap akan sangat menguntungkan petani karena Mulsa Super Kilap memiliki fungsi yang beragam. Pertama, sebagai mulsa, Mulsa Super Kilap dapat berfungsi sebagai pengendali gulma serta pelindung tanaman dari proses penguapan air yang berlebih dan banyak fungsi lainnya sebagaimana fungsi mulsa pada lahan pertanian. Kedua, lapisan grenjeng pada Mulsa Super Kilap akan membantu mengusir hama yang hinggap atau berkembang biak di balik bagian tanaman yang tertutup dari cahaya. Penggunaan Mulsa Super Kilap akan memantulkan cahaya yang lebih banyak dari mulsa biasa, sehingga pantulan tersebut akan mengenai hama yang ada di balik daun atau bagian tumbuhan lain dan mengusirnya. Selain pengusir hama serangga, mulsa super kilap juga membantu proses pertumbuhan yang lebih efektif karena pantulan sinar matahari tersebut akan membantu proses fotosintesis lebih yang lebih cepat sehingga proses tumbuh dan pembuahan akan makin cepat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *